PENGUKURAN KUALITAS UDARA AMBIEN

Posted: 8 September 2010 in Tak Berkategori

Alat Ukur Udara Ambien Lingkungan

Kualitas Udara Ambien merupakan salah satu elemen dalam lingkungan industri yang wajib di monitor. Rentang waktu pengukurannya biasanya mengacu kepada AMDAL yang dipegang suatu industri. biasanya per 3 bulan sekali kualitas udara ambien harus diukur guna mengetahui adanya perubahan atau tingkat pencemaran udara baik oleh gas-gas tertentu serta total suspen particulate (TSP)/debu diudara.

Gas-gas yang yang dipantau adalah SO2, NO2, NH3, H2S, HCHO, CO, CO2 dan O3.

Permasalah yang sering didapatkan (khususnya di KALTIM), pada pengambilan sampel tidak menggunakan peralatan yang semestinya. apa yang saya maksud sebagai “peralatan yang tidak semestinya?”, yaitu penggunaan alat yang tidak sesuai. contohnya adalah rata-rata laboratorium yang ada tidak menyediakan alat khusus untuk udara ambien lingkungan (High Volume Sampling). yang sering digunakan biasanya jenis (Low Volume Sampling).

secara bentuk dan aplikasinya kedua alat ini berbeda, High Volume Sampling (HVS) khusus digunakan untuk melakukan pengukuran udara ambien lingkungan (out door), sedangkan Low Volume Sampling (LVS) digunakan untuk pengukuran udara ambien ruangan (in door).

namun aplikasi dilapangan sepengetahuan dan pengalaman saya rata-rata laboratorium saat diminta nelakukan pengukuran udara ambien lingkungan, mereka menggunakan alat jenis LVS. tentunya alat yang salah akan menghasilkan hasil pengukuran yang salah pula. Hal ini merupakan kendala kita untuk bisa mengetahui kualitas udara ambien sebenarnya ditempat kita bekerja.

Oleh karena itu, pada saat anda ingin melakukan pengukuran kualitas udara ambien, pada saat mengajukan permohonan pengukuran kepada laboratorium, pastikan alat yang tersedia di laboratorium tersebut sesuai dan metode pengukurannya tepat, baik dari segi tekanan  udara yang di pompa oleh alat tersebut maupun jenis alatnya sendiri (terdiri dari vacum, jenis Bubbler, baik itu pembalut didalam bubbler khusus NO2 memiliki ukuran 60 mikron, untuk SO2 dan Ox diameternya maksimal 9 mm).

Hal ini penting untuk diperhatikan karena akan merpengaruh pada hasil pengukuran dilapangan..

SEMOGA bermanfaat….

Salam,

Mikha Umar

Alat Ukur Udara Ambien in door

Komentar
  1. Yuana mengatakan:

    sipp mantap, memang selama ini rata2 permasalaannya kayak yang pak mikha jelaskan diatas. saya malah baru tahu ternyata metode yang selama ini saya gunakan salah…. thanks

  2. andi.yulianasarifuddin.hayang mengatakan:

    trimakasih ya ,aku merasa terbantu dgn membaca artikel ini dan semoga bisa dikembangkan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s